Rektor UNCEN dan Rektor UHO Menunjukkan Dokumen MoU

KENDARI, pasca.uncen.ac.id (22/05/2023). Universitas Cenderawasih (UNCEN) dan Universitas Halu Oleo (UHO) menjalin kerjasama dalam rangka pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hal itu ditandai penandatangan Memory of Understanding (MoU) antara Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Oscar Oswald O. Wambrauw, SE., M.Sc.agr. dan Rektor Universitas Halu Oleo, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Lt. IV Gedung Rektorat Universitas Halu Oleo, Kendari, dan dilanjutkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Program Pascasarjana UNCEN, Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS dan Direktur Pascasarjana UHO, Prof. Dr. Ir. Takdir Saili, M.Si,  bertembat di Ruang Rapat Lt. 1 Gedung Pascasarjana UHO, pada hari Senin, 22 Mei 2023.

Pada kesempatan itu, Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun, menyambut baik kerjasama yang dilakukan antara UHO dan UNCEN sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. “Silahkan aspek teknis apa, atau fakultas mana yang bisa ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) silahkan diatur,” tandasnya.

Zamrun, lebih lanjut menyampaikan pesan agar kegiatan-kegiatan sebagai tindak lanjut dari MoU ini dapat dilakukan bersama-sama. “UHO mengembangkan pendidikan dan penelitian yang mengarahkan keunggulannya pada pengembangan wilayah pesisir, kelautan dan perdesaan. Untuk itu kerjasama dapat dilakukan untuk mengembangkan potensi di antara kedua belah pihak”.

Selanjutnya Rektor UNCEN, Dr. Oscar Wambrauw, dalam sambutannya berterima kasih kepada pihak Rektor UHO dan jajarannya, atas penyambutan yang hangat kepada pihak UNCEN untuk melakukan penandatangan MoU yang akan dilanjutkan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Direktur Pascasarjana UHO dan Direktur Pascasarjana UNCEN.

“UNCEN sebagai lembaga pemerintah Republik Indonesia pertama pada masa integrasi Irian Barat kala itu ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang membawa 2 (dua) misi, yaitu misi politik dan misi kemanusian.”, pungkas Rektor UNCEN.

UNCEN berdiri pada tanggal 10 November 1962 dan baru mulai dikembangkan secara fisik pada tahun 1970-an, 1980-an dan hingga saat ini telah memiliki 9 Fakultas dan 1 program pascasarjana, yang terus berbenah dan saat ini akan merubah pengelolaan PTN Satker menjadi PTN PK-BLU. Dalam pengembangannya UNCEN membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga  hari ini kerjasama dengan UHO yang telah lebih dahulu menjadi PTN PK-BLU, dan diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak antara UNCEN dan UHO.

Turut hadir dalam acara penandatangan MoU antara UNCEN dan UHO, Wakil Rektor Bidang Akademik UHO (Dr. La Hamimu, S.Si., M.T.), Direktur Pascasarjana UHO (Prof. Dr. Ir. Takdir Saili, M.Si.), Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UHO (Dr. La Ode Santiaji Bande, S.P., M.P.), Ketua Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UHO  (Dr. La Aba, S.Si., M.Si).

Sedangkan dari UNCEN turut hadir Wakil Rektor Bidang Kerja Sama (Dr. Fredrik Sokoy, S.Sos., M.Sos), Direktur Program Pascasarjana (Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS.), Asisten Direktur Bidang Kerja Sama Program Pascasarjana (Dr. Hans Z. Kaiwai, SE, M.Sc.agr.), Kaprodi Magister Kebijakan Publik (Dr. Nur Aedah, M.Si), Kaprodi Magister Administrasi Publik (Dr. Dra. Yosephina Ohoiwutun, M.Si), Staf PPS (Fadly Yizhar), dan Staf Program Doktor Ilmu Ssosial (Rosita P. Aronggear).

Setelah selesai acara penandatangan MoU di Ruang Rapat Pimpinan Lt. IV Gedung Rektorat UHO di Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonou, Kendari, dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Pascasarjana UHO dan Direktur Program Pascasarjana UNCEN, yang berlangsung di Ruang Rapat Lt. 1 Gedung Pascasarjana UHO di Kampus Abdullaj Silondae, Jl. Mayjend S. Parman, Kel. Kemaraya, Kendari.

Penandatangan PKS diawali dengan kata sambutan, masing-masing dari Direktur Pascasarjana UHO (Prof. Dr. Ir. Takdir Saili, M.Si) dan Direktur Program Pascasarjana UNCEN (Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS.). Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana UHO menyampaikan bahawa sebagai tindaklanjut dari MoU yang sudah ditandatangi antara UNCEN dan UHO dapat dikongkritkan dengan program visiting profesor dan lecturer mobility yang hanya membutuhkan undangan dari pihak yang menundang. Terkait mahasiswa pascasarjana, Prof. Takdir Saili menguraikan lebih lanjut tentang bagaimana memperpendek masa studi dengan memprogramkan kegiatan mahasiswa setelah selesai teori pada semester 1 dan 2 berupa kegiatan dalam pelaksanaan penelitian tesis dan disertasi yang direncanakan secara terjadwal.

Selanjutnya Prof. Akbar Silo (Direktur Pascasarjana UNCEN) menyampaikan bahwa kerjasama antara Pascasarjana UHO dan Program Pascasarjana UNCEN tidak hanya meningkatkan kolobari antara dua pihak tetapi juga memperluas jaringan (networking) kerjasama dengan jejaring yang telah dibangun oleh masing-masing pihak. “Kerjasama peneltian atau joint research, menjadi promotor, ko-promotor, dan penguji eksternal dalam pelaksanaan ujian disertasi merupakan hal-hal yang akan dikembangkan bersama ke depan” pungkasnya.

Dari Pascasarjana UHO, hadir dalam acara penandatangan PKS ini, Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemasiswaan Pascasarjana UHO (Prof. Analuddin, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D., Kepala Badan Kerja Global UHO (Prof. Ir. Teguh Wojayanto, M.Sc., Ph.D), dan Koordinator/Sekretaris Program Studi S2 dan S3 di lingkungan Pascasarjana UHO.

PascaINFO (HK).

Leave a Comment