Categories
Akademik Berita Kerjasama

Program Pascasarjana Uncen Melakukan Audensi dengan Ketua Umum KONI Papua

Jayapura-28/06/2022, Tim Program Pascasarjana Uncen di bawa pimpinan Direktur Pascasarjana Uncen Prof.Dr.Drs.Akbar Silo Melakukan AUDENSI dengan Ketua Umum KONI Papua Kenius Kogoya, SP.,M.Si, Mengenai Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Pendidikan dan Olahraga (Pembinaan Atlet). Kegiatan Tersebut di hadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Prof. Dr. Saharuddin Ita, M.Kes, Ketua Program Studi Magister Pendidikan Olahraga Dr.Tri Setyo Guntoro, M.Kes dan Staf Program Pascasarjana Uncen. Pertemuan ini berlangsung di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Program Pascasarjana Uncen.

Kenisu Kogoya SP.,M.Si,” Kami punya tanggung jawab yang sama bersama-sama pimpinan Pascasarjana Uncen dan semua Bapak/Ibu Dosen untuk kita sosialisasikan ke pimpinan Daerah, Karena ini sangat penting untuk menjawab tantangan kita ke depan berdasarkan INPRES yang menjadikan Papua sebagai Provinsi Olahraga,”Tegasnya.

Ketua Umum KONI Papua,” menyatakan akan berkolaborasi dengan Ketua-ketua Koni di Kabupaten/Kota untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia agar bisa menjawab tentang Papua sebagai Peovinsi Olahraga.

Sambungnya” Saya sangat berterima kasih kepada Direktur Pascasarjana Uncen dengan adanya niat baik ini, hanya saja mungkin kurangnya sosialisasi ke Kabupaten/Kota yang masih tidak mengetahui mengenai Program S2 dan S1 Olahraga ini, sehingga kedepanya kami mungkin bisa mendapatkan informasi semacam Brosur atau sejenisnya yang bisa kami sampaikan langsung kepada pimpinan KONI di Kabupaten dan Kota, Karena untuk saat ini biaya pendidikan semua dialihkan ke Kabupaten dan Kota.

Dengan adanya biaya pendidikan ini diharapkan masing-masing daerah dapat mempersiapkan SDMnya.

Kenisu Kogoya,” Kami siap komunikasikan informasi ini ke Koni-Koni Daerah, paling tidak mereka menyiapkan orang-orangnya baik itu S1 maupun S2 untuk mendapatkan pendidikan di Uncen,”Ungkapnya.

Ketua Umum Koni Papua,” Menyampaikan bahwa ini merupakan hal yang positif buat Koni, karena akan bermanfaat bagi Daerah-daerah untuk dapat meningkatkan SDM nya.

Sambungnya” Karena Provinsi Olahraga ini bukan hanya tanggung jawab oleh Gubernur saja, tetapi ini sudah di sampaikan oleh Presiden , Papua sebagai Provinsi Olahraga,”Ungkapnya mengakhiri(*)

Direktur Program Pascasarjana Uncen Prof.Dr.Drs.Akbar Silo,MS,” Menyampaikan bahwa berdasarkan penyampaian Ketua Umum Koni Papua yang sangat menerima hal ini dengan positif maka Pascasarjana harus segera menyurat Ke Koni Provinsi Papua sehingga mempunyai dasar yang dapat digunakan untuk menyampaikan ke Daerah-daerah mengenai Pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang Olahraga dan Pembinaan Atlet.

Akbar Silo,” Untuk mengantisipasi adanya INPRES, KONI harus segera membuat MOU dengan Pimpinan Universitas Cenderawaih dalam hal ini REKTOR, isinya menjadikan Uncen sebagai Dapur Bina Atlet semua cabor, sehingga disini nantinya menjadi dapurnya memproduksi atlet, apakah di Fakultas Ilmu Keolahragaan, FKIP atau di Pascasarjana.

Sambungnya,” maka ke depannya kita punya Bidang Penataran Pembinaan Atlet ini bisa membuat program-program kerja untuk kepentingan kedepannya bukan sesaat saja, dimana jika ada muatan dari INPRES nantinya soal Provinsi Olahraga.Jangan sampai jadi Provinsi Olahraga tetapi atletnya dari luar semua,”tegasnya.

Prof.Dr.Drs. Akbar Silo,MS,” menyatakan bahwa Defisi ini harus di optimalkan sehingga mulai sekarang kita harus punya MOU dengan KONI melalui pendekatan Akademik, dimana atlet kita sebagian alami jadi dengan sendirinya, sudah juara dimana-mana , itu belum di dekati dengan sentuhan akademis, sehingga perlu adanya gedung Sports Sains.

Sambungnya,” sebelum mengakhiri pertemuan ini Direktur Program pascasarjana Uncen memberikan sebuah buku dengan judul : BIOGRAFI INSPIRATIF (Meniti Hidup Menurut Makna) Kepada Ketua Umum Koni Provinsi Papua Kenisu Kogoya SP.,M.Si dan Dosen FIK Uncen Tery Wanena,S.Pd.,M.Pd sebagai ucapan terimakasih karena sudah dapat meluangkan waktunya untuk berdiskusi dengan Pimpinan Program Pascasarjana Uncen dengan topik Meningkatkan SDM Papua,”mengakhiri (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.